TEORI TINGKAH LAKU KONSUMEN
PENDEKATAN TEORI KONSUMEN
1. Pendekatan Guna Batas klasik / Pendekatan Kardinal / Pendekatan Marginal Utility
2. Pendekatan Ordinal / Pendekatan Kurva tak acuh / indifference curve
3. Pendekatan Atribut
A PENDEKATAN GUNA BATAS KLASIK / KARDINAL
Anggapan: 1. Kepuasan konsumen dapat diukur dengan suatu satuan kepuasan (util)
2. Berlaku hukum Gossen: Law of Diminishing Marginal Benefit : tambahan kepuasan yang semakin berkurang.
(tambahan nilai guna yang akan diperoleh seseorang dari mengkonsumsikan sesuatu barang akan menjadi semakin sedikit apabila orang tersebut terus-menerus menambah konsumsi barang tersebut. Pada akhirnya tambahan nilai guna akan menjadi negatif.
Nilaiguna Total
Jumlah seluruh kepuasan yang diperoleh dari mengkonsumsi sejumlah barang tertentu
Nilaiguna Marginal
Pertambahan atau pengurangan kepuasan sebagai akibat dari pertambahan atau pengurangan penggunaan satu unit barang tertentu.
Untuk memaksimumkan kepuasan seorang konsumen akan mengkonsumsi atau meminta barang sedemikian rupa sehingga kepuasan marginal dari barang X yang dikonsumsi dibagi dengan harga barang X itu sama dengan kepuasan marginal barang Y yang dikonsumsi dibagi dengan harga barang Y tersebut, dan seterusnya.
MUA/PA = MUB/PB = MUC/PC = …………………. MUZ/PZ
Dengan :
MU = kepuasan marginal
P = harga barang
A, B, C… Z = macam barang konsumsi
Pengantar ekonomi makro_bag_3
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar